Sabtu, 10 April 2010

cara menghitung EVA

Economic Value Added (EVA) dihitung berdasarkan selisih antara tingkat pendapatan dari modal dan biaya modal kemudian dikalikan dengan nilai buku ekonomi dari modal untuk menjalankan bisnis tersebut.
EVA = (r – c*) x Capital
= ( Rate of Return - Cost of Capital ) x Capital
= NOPAT - c* x Capital

2.1.1.2.1 = NOPAT dan Capital
Ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan dibanding dengan perhitungan ROE dengan formula standar, yaitu sebagai berikut :
Operating Profits - a Capital Charge
Dimana : NOPAT adalah Net Operating Profit After Tax


1. Menghilangkan efek meningkatkan efisiensi pada struktur capital dengan debt, sehingga harus menambahkan semua interest bearing debt ke common equity dan menambahkan interest expense pada debt ke garis akhir profit secara akuntansi, sehingga dapat dirumuskan sebagai berikut :

NOPAT
R =
Capital
Dimana :
r = Rate of Return on Total Capital
NOPAT = Income Available to Vommon Stockholder + Interset Expens after tax
Capital = Common Equity + Debt


2. Meningkatkan tingkat pendapatan adalah dengan menghilangkan distorsi keuang lainny , diselesaikan dengan menambahkan equity yang diberikan oleh pemegang saham prefren dan investor minoritas pada capital dan membawa pendapatan yang dialihkan kesumber equity ini kembali ke dalam NOPAT yang dapat dirumuskan sebagai berikut :

NOPAT
R =
Capital
Dimana :
NOPAT = Income Available to Common Stockholder + Prefered Dividend+Minority interest provision+interest expense after takxes
Capital = common equity + preferred stock + mibority interest +all debt

3. menghilangkan distorsi akuntansi dari tingkat pendapatan dengan menambahkan cadangan equity equivalent ke capital dan perbuahan periodik dari cadangan tersebut ke NOPAT. Equity equivalent adalah cadangan pajak pendapatan yang ditunda. Cadangan nilai inventory LIFO. Kumulatif dari amortisasi goodwill, goodwill yang tidak tercata, intangibles, succesful efforts to full cost dan cadangan equity equivalent yang lain.

NOPAT
R =
Capital
Dimana :
NOPAT = income available to common stockholder + increase in equity equivalent + preferrd dividend+minority interest provision + interest expense after taxes
Capital = common equity +equity equivalents + preferred stock + minority interest +all debt

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar